Pesta demokrasi yang berlangsung saat ini merupakan ajang uji kemampuan dan mental generasi tua dan muda untuk tampil dalam pergulatan kepemimpinan nasional. Melalui momentum ini dapat dilihat sejauh mana pengharapan masyarakat terhadap peranan kaum tua dan muda tersebut dalam membangun Indonesia.

Kriteria pemimpin yang dibutuhkan bangsa saat ini adalah yang memiliki ideologi jelas. Pemimpin tua bisa lebih bijak, mampu mengendalikan diri dan mempunyai wawasan serta berpengalaman sedangkan pemimpin muda lebih punya banyak visi dan misi yang kreatif, lebih energik serta bersemangat. Pemilu atau demokrasi kali ini diharapkan sekali bukan sekedar election tapi juga selection.

Keberanian kaum muda untuk unjuk gigi di tengah masih dominannya peran tokoh-tokoh senior di kancah politik nasional patut kita beri acungan jempol . Kelompok muda yang mewakili generasi baru yang penuh dinamika diharapkan membawa gairah dan terobosan baru yang mampu membawa perjalanan bangsa ini menuju pintu keberhasilan, mengejar ketertinggalan dari negara lain.

Usia memang bukan satu-satunya faktor yang menentukan seseorang bisa terpilih sebagai pemimpin atau tidak. Kondisi bangsa Indonesia yang hingga saat ini masih terlilit berbagai persoalan, sangat butuh pemimpin yang berani melakukan perubahan, dan itu bisa diharapkan dari pemimpin kita yang terpilih nantinya, baik itu tua ataupun muda, sama saja. Hal mutlak yang harus dimiliki kepemimpinan mendatang, tentu saja komitmen moral. Moralitas seorang pemimpinan nantinya haruslah bersih dari segala macam tindak KKN, bersikap adil dan mementingkan kesejahteraan rakyat.

CuRh@t By : Muh@mm@d eRy Zulfi@n

BANJARMASIN POST, RABU 15 APRIL 2009

0 COomEeNTS: