Tuntulah ilmu sampai ke negeri China, pepatah itu mengajarkan kepada setiap manusia untuk menuntut ilmu tanpa kenal lelah. Perkembangan sekolah-sekolah berbasis keislaman baik di tanah air maupun di negara-negara maju adalah suatu fenomena yang sangat menarik. Di berbagai kota di tanah air bermunculan dengan pesatnya sekolah berbasis keislaman tersebut. Pendidikan Islam haruslah menjadi sebuah pionir atau penggegas serta pula harus menjadi yang terdepan. Karena pendidikan yang berbasis Islam itu bagi bangsa dan bagi kita merupakan bagian dari perjuangan umat. Hal itulah yang harus terus diperjuangkan sampai akhir hayat. Dalam hal ini, kita harus bisa merancang sebuah program agar bagaimana pendidikan-pendidikan kita ini lebih maju, terutama dalam pendidikan yang berbasis Islam, karena eranya ke depan adalah era kompetisi atau daya saing. Mau tidak mau, pendidikan yang berbasis Islam harus mampu mengambil langkah awal untuk memajukan akidah umat kedepannya. Kalau tidak mampu mengambil bagian tersebut, umat Islam pada umumnya atau pendidikan Islam itu nantinya hanya sebagai penonton, bahkan lama-kelamaan pendidikan Islam dengan sendirinya akan habis.

Kenapa ada sebagian orang tua, yang tidak mau menyekolahkan putera atau puterinya di sekolah Islam? Itu mungkin dikarenakan takutnya masa depan mereka untuk mencari pekerjaan, hanya pelajaran islamnya saja yang banyak dipelajari bukan ilmu alamnya atau kemampuannya dalam beranalisa, padahal itu sangat salah besar. Pendidikan yang islami akan membuat sang anak menjadi lebih berkualitas dalam hal keimanannya, tidak menutup kemungkinan apabila ia selalu secara konsisten dalam menerapkan hukum Islam tersebut, selain itu mereka akan mantap menempuh jenjang ke akhirat nantinya.

Cara meningkatkan kualitas pendidikan Islam agar mampu bersaing dengan pendidikan lainnya adalah harus menyiapkan segala sumber yang mendukung seperti didukung dari sumber daya yang baik, yang kompeten di bidangnya dan juga didukung oleh manajemen yang modern, yang profesional. Padahal kalau kita bicara manajemen Islam itu harus memenej umatnya lebih bagus, tapi biasanya kita memenej sekolah Islam itu sendiri kadang-kadang semaunya saja. Begitu juga dari infrastruktur, sarana prasarana kita harus mempunyai nilai lebih, agar tidak ketinggalan jaman. Tanpa itu kita akan terasa sulit. Jadi kita memang harus menyiapkan diri disegala aspek untuk mendukung agar terjadi proses pembelajaran atau pendidikan yang berbasis Islam faktor penting dalam mengelola pendidikan Islam adalah manajemen yang berbasis Islam dan orang tua dan masyarakat harus menyadari bahwa pendidikan itu harus dikelola secara baik harus seimbang antara kebutuhannya.

Kita sadar bahwa meski pendidikan dan kultur agama sangat diperlukan bagi masa depan anak-anak tapi modernitas juga mesti di selelaraskan agar anak-anak mereka juga dapat menjadi pemenang dalam kehidupan dunia. Sekolah haruslah mampu memberikan bekal dasar-dasar keagamaan yang cukup untuk menghadapi materialisme dan sekaligus mampu membuat anak-anak mereka tampil cakap di dunia modern dan tentunya tidak gagap tekhnologi. Kesadaran inilah yang kemudian menumbuhsuburkan sekolah-sekolah berbasis keagamaan yang mengusung ilmu pengetahuan dan teknologi modern dalam kurikulum sebagai upaya untuk memenangi kehidupan dunia untuk menuju ke kehidupan akhirat yang luar biasa.Aamiin Yaa Robbal’aalamiin.

CuRh@t By : Muh@mm@d eRy Zulfi@n

RADAR BANJARMASIN, SABTU 9 MEI 2009

0 COomEeNTS: