Akhir-akhir ini bahkan kedepannya nanti, banyak sekali orang yang terjangkit virus facebook. Orang-orang yang dulunya tidak pernah tahu-menahu apa itu dunia maya, sekarang mendadak menjadikan warung internet sebagai rumah keduanya. Tidak peduli tua, muda maupun remaja bahkan anak-anak, semuanya mulai menggandrungi situs sosial networking ini. Hampir tiap hari mereka mengunjungi situs pertemanan ini. Facebook yang diciptakan oleh seorang mahasiswa bernama Mark Zuckerberg ini cukup mampu mengalihkan perhatian kita, bahkan digemari banyak orang dan benar-benar membuat orang semakin kecanduan sehingga melupakan waktunya dalam beraktivitas.

Facebook sendiri merupakan jaringan yang menghubungkan kita dengan teman-teman lama yang menghilang. Hampir mirip dengan Friendster, namun tampilannya barangkali lebih seru dan banyak aplikasinya. Friendster yang dulu boomingnya minta ampun saat ini terpaksa harus gigit jari. Pertanyaannya masihkah ada yang setia dengan Friendster? Mungkin ada, itupun orang-orang yang masih belum tau apa itu facebook. Tetapi kebanyakan friendster sudah pasti seperti rumah tak berpenghuni, tidak ada aktivasi dalam pertemanan, sedikitnya pesan atau testimonial yang masuk. Sungguh situs ini sangat jauh berbeda dari facebook.

Kata orang manfaat dari facebook itu sendiri banyak, selain mencari hiburan dan memperbanyak teman, kita bisa juga langsung tegur-sapa walaupun masih lewat tulisan, selain itu juga dapat berbagi ilmu pengetahuan. Salah besar apabila facebook disalahgunakan. hanya sekedar refreshing tetapi dia lupa dalam kewajibannya dalam bekerja atau beraktivitas. Alangkah ruginya kita disaat menjalani sesuatu yang berharga, kemudian kita sia-siakan. Orang yang bodoh adalah jika diberikan modal maka modalnya dihamburkan dengan sia-sia. Begitu juga kita jika sudah diberi modal waktu, kemudian waktunya kita hambur-hamburkan maka kita termasuk orang yang bodoh, maka dari itu jangan terlalu membuang waktu dengan permainan dunia maya ini, apalagi sampai meninggalkan ibadahnya. Naudzubillah. Kita seharusnya mensyukuri nikmat Allah, yang mana kita dapat merasakan kecanggihan tekhnologi sekarang ini, misalkan dengan memanfaatkannya dengan baik untuk amal di akhirat kita nanti.

Kira-kira teknologi apa yang tampaknya akan menjadi virus 20 tahun kedepan? Apakah mungkin kita yang sedang online didepan komputer dapat menatap langsung teman kita yang lain atau bahkan lebih dari itu. Wallahu’alam. Kita lihat saja kedepannya tekhnologi akan maju seperti apa, asalkan kita tetap dapat menjaga dengan baik ibadah kita kepada-Nya. jangan sampai kita menyalahgunakannya kearah negatif.

CuRh@t By : Muh@mm@d eRy Zulfi@n

RADAR BANJARMASIN, JUMAT 8 MEI 2009

1 COomEeNTS:

alow bagus juga