LDF adalah singkatan dari Lembaga Dakwah Fakultas. Setiap Fakultas pasti memiliki wadah bagi mahasiswa muslim untuk berdakwah. Dengan terbentuknya organisasi atau lembaga tersebut, maka kita harus mampu memaksimalkannya dengan baik, tidak meninggalkan atau mengacuhkannya begitu saja. Kita bisa lihat salah satu LDF di kampus Unlam, salah satunya di Fakultas MIPA yaitu Forum Studi Islam (FSI) Ulul Albab yang beberapa waktu lalu membahas tentang program kerja, hal ini dikarenakan adanya pergantian kepengurusan. Dari hasil program kerja itu sendiri banyak sekali amanah yang perlu di emban. Yang tidak bisa begitu saja dalam satu hari dirilis tetapi untuk hari berikutnya tidak dilaksanakan.

FSI Ulul Albab sendiri memiliki beberapa divisi atau departemen yang dimana hal ini terbentuk untuk membantu dalam melaksanakan tugas dakwahnya terutama di lingkungan kampus dan umumnya di lingkungan masyarakat. Yang pertama adalah divisi kaderisasi. Tugasnya sendiri yaitu untuk merekrut mahasiswa baru atau pun lama untuk mendakwahkan kampus FMIPA. Selain itu juga orang-orang yang duduk di divisi tersebut dapat memperlihatkan dan menunjukkan kepada mahasiswa bahwa dakwah itu tidak dapat dilaksanakan secara sendiri, melainkan secara bersama-sama, hal itu tidak lain untuk saling membantu, fungsi kaderisasi itu juga dapat membentuk mahasiswa yang berkarakter islam secara kaffah dan bertanggung jawab atas amanah yang telah diberikan. Yang kedua adalah divisi syiar, divisi ini adalah ujung tombak dari FSI, karena tugasnya adalah mensyiarkan Islam secara kontinu melalui sarana atau lembaga yang berada di lingkunagn kampus FMIPA Unlam Banjarbaru dan mengaktifkan serta mengoptimalisasi media yang ada sebagai fasilitator dalam membentuk opini keislaman, hal ini betujuan agar terciptanya citra FSI Ulul Albab yang baik di masyarakat kampus.

Kemudian yang ketiga yaitu divisi pendidikan, tugasnya memberi para kader ataupun mahasiswa di kampus dalam hal substansi pembelajaran baik itu ilmu pengetahuan umum ataupun ilmu islam. Tujuannya bukan lain adalah untuk membuat mahasiswa, yang tidak hanya cerdas dalam bidang keislaman saja tetapi cerdas dalam ilmu pengetahuan umum juga. Yang keempat yaitu divisi humas dan dana, kerja dari divisi ini sendiri yaitu mencari link untuk bekerjasama, tentunya saja agar dari semua kegiatan yang dilaksanakan dapat terlaksana dengan baik. Dakwah itu perlu sekali dana, karena tanpa dana semangat yang sudah tumbuh untuk melaksanakan kegiatan pasti akan kendur. Yang terakhir yaitu divisi kemuslimahan, divisi ini berkaitan dengan lembar kerja para muslimah, tugasnya sendiri yaitu menciptakan muslimah-muslimah sejati seperti halnya istri baginda Rasulullah SAW, Siti Khadijah RA.

Dari ke lima divisi tersebut semoga semua kegiatan yang dilaksanakan akan saling terkoordinasi, tanggung jawabnya harus terpenuhi. Harapan untuk kedepannya Lembaga Dakwah Fakultas ini dapat mensyiarkan islam secara mumpuni, agar Unlam sebagai perguruan tinggi yang ada di Kalimantan Selatan dapat tumbuh dengan nafas kehidupan islam, laksanakanlah tugas dengan baik, agar semuanya nanti mampu kita wujudkan dengan rasa bangga dan selalulah beristiqomah dalam memperjuangkan islam di daerah kampus. Aamiin Yaa Robbal’alamiin.

CuRh@t By : Muh@mm@d eRy Zulfi@n

RADAR BANJARMASIN, JUMAT 19 JUNI 2009

0 COomEeNTS: