Bahkan, catatan sejarah menunjukkan bahwa Beliau selama hidupnya hanya ada beberapa masalah saja yang diputuskan sendiri, tanpa adanya proses dialog dengan para sahabat. Untuk mewujudkan masyarakat masa depan yang makmur dan maju, pemimpin idaman perlu memulainya dengan membuka piranti terpenting demokrasi, yaitu menghidupkan iklim dialog disetiap ruang berbangsa.

Kelima, melindungi kaum minoritas. Dalam Islam, kaum minoritas diberikan hak perlindungan keamanan, karena sebetulnya mereka itu adalah saudara kita sendiri. Untuk kehidupan masa mendatang, seorang pemimpin idaman harus dijauhkan dari pola-pola diskriminatif dengan dalih SARA. Perlindungan kepada kaum minoritas sesungguhnya menguntungkan negara bila ditilik dari tinjauan ekonomi. Selama mereka tidak melakukan perongrongan terhadap pemerintahan yang ada, mereka berhak mendapat perlindungan.

Pemimpin yang diidam-idamkan rakyat itu juga tidak lepas dibarengi dengan adanya rasa tidak malu atau tidak gengsi meminta maaf kepada bawahan atas kesalahan yang pernah dilakukannya, karena pemimpin tetaplah manusia biasa yang tidak akan luput dari salah dan dosa. Pemimpin juga harus lebih bisa menghargai jerih payah dan pengabdian serta pengorbanan bawahannya, bersikap bijak atas kesalahan bawahan dan mampu menjalin komunikasi yang baik. Seorang pemimpin dalam menjalankan fungsi-fungsi kepemimpinan harus menitikberatkan bobot kemampuannya pada masalah kepemimpinan. Fungsi dan kedudukan pemimpin dapat dilihat dari tugas-tugasnya secara fungsional dalam organisasi dimanapun ia berada. Di samping kemampuan secara fungsional, seorang pemimpin juga memerlukan kemampuan lainnya yaitu mampu menggerakkan motivasi bawahan dan memberikan tugas kepada bawahan sesuai dengan keahlian masing-masing atau mampu menempatkan orang-orang pada tempat yang benar. Semoga kita segera secepatnya atau malah sudah menemukan pemimpin idaman kita, yang sesuai dengan tuntunan Allah SWT dan Rasul-Nya. Aamiin Ya Robbal 'alamiin.

CuRh@t By : Muh@mm@d eRy Zulfi@n

RADAR BANJARMASIN, RABU 15 APRIL 2009

0 COomEeNTS: