Kenakalan remaja adalah salah satu masalah lama yang senantiasa muncul di tengah-tengah masyarakat. Masalah itu tentunya akan membawa akibat tersendiri sepanjang masa, salah satunya dapat mengganggu keharmonisan kehidupan sosial. Kenakalan remaja muncul dikarenakan adanya kehidupan keluarga yang hancur (broken home), lingkungan pendidikan yang membelajarkan kearah negatif, seperti teman-temannya yang berulah negatif terlebih dahulu. Selain itu keadaan masyarakat, dilihat dari kondisi lingkungan dalam berbagai corak atau bentuknya yang dapat berpengaruh baik langsung maupun tidak langsung terhadap anak-anak remaja dimana mereka hidup berkelompok. Al-Quran dan Hadist Nabi Muhammad SAW telah memberi petunjuk tentang hal-hal yang harus dilakukan sebagai perbuatan terpuji dan hal-hal yang harus ditinggalkan sebagai perbuatan tercela. Tetapi, dalam kenyataannya perbuatan tercela yang telah digariskan sering dilakukan dan perbuatan yang baik kadang-kadang malah ditinggalkan.

Dewasa ini muncul problem sosial yang dilakukan oleh anak remaja atau mahasiswa yaitu salah satunya perbuatan kekerasan baik perkelahian maupun penganiayaan yang sangatlah meresahkan masyarakat. Penganiayaan yang merupakan ancaman terhadap kesehatan dan anggota-anggota tubuh tertentu yang dilakukan oleh anak-anak remaja pada umumnya di awali oleh pertengkaran-pertengkaran kecil. Kadang kalanya pertengkaran tersebut berkembang menjadi lebih serius. Kita lihat saja saat ini banyak sekali kasus-kasus perkelahian remaja baik itu antarasiswa ataupun antarmahasiswa. Pada hakikatnya hal tersebut terjadi dikarena hal yang sangat sepele, yang mungkin dari salah satu siswa hanya ada kesalahpahaman dengan siswa lainnya yang berbeda sekolah. Kejadian yang begitu sepele tersebut menjadi besar karena ketidakpuasaan siswa yang telah diperlakukan tidak baik oleh temannya itu, maka dari itu teman-teman yang lainpun mengetahuinya dan membantu sehingga terjadilah perpecahan antar sekolah yang saling berebut kekuasaan untuk menjadikan sekolahnya itu yang terhebat atau terbaik.

Seharusnya pergaulan antarmanusia haruslah selalu memperhatikan nilai-nilai kehormatan pada yang lainnya agar manusia tersebut mempunyai nilai harga diri yang sangat tinggi. Kenakalan-kenakalan remaja tersebut sering dilakukan ditengah-tengah masyarakat yang pada dasarnya adem ayem, hal ini dapat mengakibatkan hilangnya rasa kebahagian umat dan juga hilangnya rasa ketentraman hidup. Pembinaan, pendidikan dan penanaman nilai-nilai akhlaqul karimah itu lah solusi yang sangat tepat bagi anak remaja, agar di dalam mentalnya tidak mengalami hambatan-hambatan yang nantinya menyimpang jauh dari aturan-aturan Allah SWT. Pembinaan akhlak mampu membentuk mental manusia agar memiliki jiwa kepribadian yang bermoral. Berbudi pekerti yang luhur dan juga merupakan penuntun bagi umat manusia untuk memiliki sikap yang mandiri sesuai dengan syariat Islam.

CuRh@t By : Muh@mm@d eRy Zulfi@n

RADAR BANJARMASIN, SELASA 09 JUNI 2009

0 COomEeNTS: